Saturday, January 16, 2016

Pengantar Bisnis Informatika

Nama : Reza Nugraha Putra
NPM : 56412208
Kelas : 4IA05
Mata Kuliah : Pengantar Bisnis Informatika

Hallo friend's, pada kesempatan ini saya akan memposting salah satu tugas pelajaran softskill saya dari mata kuliah Pengantar Bisnis Informatika. Dsini saya akan membahas tentang Bisnis Informatika. Apa itu Bisnis Informatika?

Bisnis
Bisnis dalam arti luas adalah istilah umum yang menggambarkan semua aktifitas dan institusi yang memproduksi barang atau jasa dalam kehidupan sehari-hari. Sedangkan menurut Griffin dan Ebert bisnis diartikan "suatu organisasi yang menyediakan barang dan jasa yang bertujuan untuk mendapatkan keuntungan". Jadi dapat disimpulkan bahwa bisnis adalah kegiatan yang dilakukan secara individu maupun kelompok orang yang menciptakan suatu nilai melalui penciptaan barang atau jasa demi memenuhi kebutuhan masyarakat dan memperoleh keuntungan melalui transaksi.


Informatika
Informatika merupakan disiplin ilmu yang mempelajari transformasi fakta berlambang yaitu data maupun informasi pada mesin berbasis komputasi. Secara umum, informatika mempelajari struktur, sifat, dan interaksi dari beberapa sistem yang dipakai untuk mengumpulkan data, memproses dan menyimpan hasil pemrosesan data, serta menampilkannya dalam bentuk informasi.

Jadi Bisnis Informatika, dapat diartikan sebagai suatu kegiatan yang dilakukan individu atau kelompok orang yang memiliki nilai value dengan tujuan untuk mendapatkan keuntungan yang dilakukan dengan bantuan teknologi informasi.

Aspek – Aspek Bisnis
Ada beberapa aspek yang terdapat dalam bisnis diantaranya yaitu :
  1. Keuntungan individu dan kelompok
  2. Penciptaan Nilai
  3. Penciptaan Barang dan Jasa
  4. Keuntungan melalui Transaksi

Fungsi Bisnis
Ada 2 fungsi dari bisnis yaitu dilihat secara Mikro dan Makro.

Bisnis Mikro
Sebagai kemampuan aktivitas bisnis yang memberikan kontribusinya pada pihak yang berperan secara langsung terhadap proses. penciptaan nilai yaitu:
  • Pekerja/karyawan
  • Dewan Komisaris
  • Pemegang Saham
Bisnis Makro
Sebagai kemampuan aktifitas bisnis dalam memberikan kontribusinya pada pihak-pihak yang terlibat secara tidak langsung dalam pembentukan dan pengendalian bisnis yaitu:
  • Masyarakat sekitar perusahaan (Masyarakat Global)
  • Bangsa dan Negara

Klasifikasi Bisnis
Bisnis dapat dibagi atau dikelompokan  menjadi beberapa macam tipe, diantaranya yaitu :
  • Manufaktur adalah bisnis yang memproduksi produk yang berasal dari barang mentah atau komponen-komponen, kemudian dijual untuk mendapatkan keuntungan. Contoh manufaktur adalah perusahaan yang memproduksi barang fisik seperti mobil atau pipa.
  • Bisnis jasa adalah bisnis yang menghasilkan barang intangible, dan mendapatkan keuntungan dengan cara meminta bayaran atas jasa yang mereka berikan. Contoh bisnis jasa adalah konsultan dan psikolog.
  • Pengecer dan distributor adalah pihak yang berperan sebagai perantara barang antara produsen dengan konsumen. Kebanyakan toko dan perusahaan yang berorientasi-konsumen adalah distributor atau pengecer.
  • Bisnis pertanian dan pertambangan adalah bisnis yang memproduksi barang-barang mentah, seperti tanaman atau mineral tambang.
  • Bisnis finansial adalah bisnis yang mendapatkan keuntungan dari investasi dan pengelolaan modal.
  • Bisnis informasi adalah bisnis menghasilkan keuntungan terutama dari pejualan-kembali properti intelektual (intelellectual property).
  • Utilitas adalah bisnis yang mengoperasikan jasa untuk publik, seperti listrik dan air, dan biasanya didanai oleh pemerintah.
  • Bisnis real estate adalah bisnis yang menghasilkan keuntungan dengan cara menjual, menyewakan, dan mengembangkan properti, rumah, dan bangunan.
  • Bisnis transportasi adalah bisnis yang mendapatkan keuntungan dengan cara mengantarkan barang atau individu dari sebuah lokasi ke lokasi yang lain.

Proses Bisnis
Proses bisnis adalah suatu kumpulan pekerjaan yang saling terkait untuk menyelesaikan suatu masalah tertentu. Analisis proses bisnis umumnya melibatkan pemetaan proses dan subproses di dalamnya hingga tingkatan aktivitas atau kegiatan. Beberapa karakteristik umum yang dianggap harus dimiliki suatu proses bisnis adalah :
  1. Definitif : Suatu proses bisnis harus memiliki batasan, masukan, serta keluaran yang jelas.
  2. Urutan : Suatu proses bisnis harus terdiri dari aktivitas yang berurut sesuai waktu dan ruang.
  3. Pelanggan : Suatu proses bisnis harus mempunyai penerima hasil proses.
  4. Nilai tambah : Transformasi yang terjadi dalam proses harus memberikan nilai tambah pada penerima.
  5. Keterkaitan : Suatu proses tidak dapat berdiri sendiri, melainkan harus terkait dalam suatu struktur organisasi.
  6. Fungsi silang : Suatu proses umumnya, walaupun tidak harus, mencakup beberapa fungsi.
Sering kali pemilik proses, yaitu orang yang bertanggung jawab terhadap kinerja dan pengembangan berkesinambungan dari proses, juga dianggap sebagai suatu karakteristik proses bisnis.

Perkembangan Bisnis Informatika di Indonesia
Perkembangan bisnis informatika di Indonesia cukup drastis, hal ini didukung dengan naiknya kebutuhan pada teknologi informasi, yang mana pada sekarang ini hampir semua kegiatan dan pekerjaan kita menggunakan beberapa hal dari dunia teknologi informasi.
Perkembangan bisnis informatika di Indonesia belakangan ini terjadi peningkatan yang sangat pesat mengingat kebutuhan akan dalam bidang ini sangatlah besar dari tahun ke tahun. Ini menjadikan bisnis informatika menjadi salah satu bisnis yang mempunyai potensi yang cerah untuk kedepannya. Hal ini juga harus didukung oleh sumber daya yang berkualitas, melihat kualitas teknologi informasi dan komputer yang dituntut semakin baik setiap saatnya.
Banyak sekali perudahaan yang bergerak di bidang TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) mengandalkan HAKI (Hak Atas Kekayaan Intelektual) di dalam menjual produk dan jasanya. Namun penggunaan HAKI tergantung pada jenis model bisnisnya. 
Pada umumnya sekarang ini dikenal ada 5 model bisnis TIK yang paling menonjol dalam pemanfaatan HAKI, dan di bawah ini beberapa contonya dari perusahaan anak bangsa Indonesia dan juga perusahaan asing :
  1. Lisensi produk software (contohnya perusahaan pembuat perangkat lunak seperti Andal Software, Dycode, Oracle, dsb)
  2. Iklan (contohnya Detik.com, Google, dsb)
  3. Software sebagai layanan (contohnya Infisys Pushmail, Salesforce.com, dsb)
  4. Penjualan perangkat keras (contohnya Zyrex, Axioo, Apple, dsb)
  5. Penjual jasa konsultasi, integrasi, perawatan, training dsb (contohnya Inixindo, Sigma, Redhat, dsb)

Contoh Kegiatan Bisnis Informatika dalam Kehidupan Sehari-hari
Adapun salah satu contoh dari kegiatan bisnis informatika adalah kegiatan transaksi jual-beli yang berkaitan dengan teknologi informasi seperti transaksi jual-beli secara online (E-Commerce). Transaksi jual-beli online (E-Commerce) adalah suatu kegiatan dimana seseorang dapat membeli barang / menjual barang secara online tanpa perlu repot-repot pergi ke mall dan toko-toko yang menjual barang tersebut. Dengan modal Leptop atau PC dan juga koneksi internet seseorang dapat dengan mudah mencari dan membeli barang yang diinginkan.  


Sumber :
  • http://fryunfirst.blogspot.co.id/2015/01/pengantar-bisnis-informatika.html
  • https://jagatrian.wordpress.com/2011/04/14/perkembangan-bisnis-informatika/
  • http://anggaserenade182.blogspot.co.id/2012/10/pengantar-bisnis-informatika.html

0 comments:

Post a Comment