Tuesday, April 12, 2016

Cloud Computing

Hallo friend's, pada kesempatan ini saya akan memposting salah satu tugas pelajaran softskill saya dari mata kuliah Pengantar Komputasi Modern. Disini saya akan membahas tentang apa yang dimaksud dengan cloud computing dan vitualisasi cloud computing. 

Keberadaan cloud computing di era digital yang semakin maju ini mungkin ini sebenarnya telah terasa di dalam kehidupan sehari-hari beberapa contohnya yaitu penggunaan email, media sosial, dan lain sebagainya. Nah sebenarnya apa itu cloud computing? Cloud computing itu sendiri sebenarnya merupakan gabungan dari dua buah kata yaitu cloud (awan) dan computing (komputasi). Cloud (awan) itu sendiri digambarkan sebagai sebuah diagram jaringan internet yang sangat luas, sedangkan computing (komputasi) digambarkan sebagai teknologi komputernya.



Jadi Cloud Computing dapat diartikan sebagai suatu pemanfaatan teknologi komputer dalam suatu jaringan internet yang berfungsi menjalankan program atau aplikasi melalui komputer-komputer yang terkoneksi dalam waktu yang sama. System cloud computing disini menggunakan internet sebagai server dimana data disimpan secara permanen di dalam server internet sehingga user atau pengguna dapat mengaksesnya secara bersama-sama. Di dalam system cloud computing ini user atau pengguna juga tidak perlu menginstall aplikasi atau program saat menjalankan program atau aplikasi tersebut. Di dalam cloud computing itu sendiri terdapat beberapa layanana yang digunakan oleh user atau pengguna diantaranya : Infrastructure as a Service (IaaS), Platform as a Service (PaaS), dan juga Software as a Service (SaaS).

Disini virtualisasi tidak lepas hubungannya dengan cloud computing. Mengapa demikian? Salah satu alasanya karena ada bebarapa karakteristik yang terdapat dalam cloud computing yang merupakan turunan dari virtualisasi yaitu elestisitas dan fleksibilitas. 


Sumber :
  • https://id.wikipedia.org/wiki/Komputasi_awan
  • http://pusatteknologi.com/pengertian-manfaat-cara-kerja-dan-contoh-cloud-computing.html
  • https://blog.indonesiancloud.com/?p=36#.Vw0tjPl97IU






0 comments:

Post a Comment