Tuesday, March 15, 2016

Komputasi Modern

Hallo friend's, pada kesempatan ini saya akan memposting salah satu tugas pelajaran softskill saya dari mata kuliah Pengantar Komputasi Modern. Disini saya akan membahas tentang apa yang dimaksud dengan komputesi modern, lalu perkembangan komputesi modern hingga saat ini, dan juga contoh/implemantasi/dampak  komputesi modern tersebut.

Pengertian Komputasi Modern
Komputasi modern disini terdiri dari dua kata yaitu komputasi dan modern. Komputasi merupakan cara untuk menemukan pemecahan masalah dari data input dengan menggunakan suatu algoritma. Sedangkan maksud modern disini kerana menggunakan alat yang canggih untuk menyelesaikan suatu masalah. Jadi komputasi modern bisa diartikan sebagai suatu konsep sistem yang menerima suatu intruksi-intruksi dan menyimpanya dalam sebuah memori, memori disini bisa juga dari memori komputer. Konsep dari komputasi modern ini pertama kali digagas oleh oleh John Von Neumann (1903-1957). Von Neumann merupakan ilmuwan yang meletakkan dasar-dasar komputer modern dan juga merupakan ilmuawan besar pada abad 21. Von Neumann mempunyai banyak karya-karya di dalam bidang matematika, teori kuantum, fisika nuklir, dan ilmu komputer. Von Neumann juga merupakan salah satu orang yang terkait dalam pembuatan bom atom di Los Alamos pada Perang Dunia II.
Kerja dari komputasi modern disini yaitu menghitung dan mencari solusi dari masalah yang ada. Dan adapun perhitungan yang dilakukan itu meliputi :
  • Akurasi (Big, FloatinModeling (NN & GA)g Point)
  • Kecepatan (dalam satuan Hz)
  • Problem Volume Besar (Down Sizzing atau Pararel)
  • Modeling (NN & GA)
  • Kompleksitas (Menggunakan Teori Big O)


Perkembangan Komputasi Modern
Dalam perkembangan komputasi modern ada satu tokoh penting yang mengawali konsep dari komputasi modern itu yaitu seorang ilmuwan yang bernama John Von Neumann(1903-1957). Konsep tersebut dipicu karena ketertarikan Von Neumann hidrodinamika dan juga kesulitan dalam penyelesaian persamaan diferensial parsial nonlinier yang digunakan, Setelah itu Von Neumann lalu beralih ke dalam bidang komputasi. Von Neumann juga merupakan konsultan pada pengembangan ENIAC, dan dia juga merancang suatu konsep arsitektur komputer yang masih dipakai hingga saat ini. Arsitektur Von Neumann merupakan komputer dengan program yang tersimpan (program dan data disimpan pada memori) dengan pengendali pusat, I/O, dan memori. 

Contoh Komputasi Modern
Berikut ini adan beberapa contoh komputasi modern samapai dengan lahirnya ENIAC :
  • Konrad Zuse’s electromechanical “Z mesin”.Z3 (1941) meruapakan sebuah mesin pertama menampilkan biner aritmatika, termasuk aritmatika floating point dan ukuran programmability.
  • Non-programmable Atanasoff-Berry Computer ditemukan tahun 1941 alat ini menggunakan tabung hampa berdasarkan perhitungan, angka biner, dan regeneratif memori kapasitor.
  • Komputer Colossus ditemukan tahun 1943, digunakan untuk membatasi kemampuan program pada alat ini menggunakan ribuan tabung yang dapat digunakan lebih baik dan elektronik reprogrammable. Komputer ini digunakan untuk memecahkan kode perang Jerman.
  • The Harvard Mark I ditemukan tahun 1944, mempunyai skala besar, merupakan komputer elektromekanis dengan programmability terbatas.
  • US Army’s Ballistic Research Laboratory ENIAC ditemukan tahun 1946, komputer ini digunakan unutk menghitung desimal aritmatika dan biasanya disebut sebagai tujuan umum pertama komputer elektronik.

Dampak Komputasi Modern
Terdapat dampak dari komputasi modern. Dampak dari komputasi modern mempermudah kehidupan manusia. Cotohnya saat menghitung perhitungan yang komplek yang biasa datanya sampai ribuan bisa dilakukan dengan mudah dengan menggunakan komputer. Dan karena itu pula kehidupan manusia lebih bergantung kepada komputer.
Berikut ini hal-hal yang menggambarkan konsep kepintaran komputasi yang didukung dengan aplikasi teknologi :
  • Produk yang digerakkan sistem komputer. Contoh : Smart car, Smart card, Smart phone.
  • Perancangan produk dikelola oleh computer
  • Proses kerja yang digerakkan oleh computer
  • Komputer menjadi sarana komunikasi yang efektif
  • Komputer sebagai pusat informasi

0 comments:

Post a Comment