Tuesday, May 10, 2016

Parallel Computing

Hallo friend's, pada kesempatan ini saya akan memposting salah satu tugas pelajaran softskill saya dari mata kuliah Pengantar Komputasi Modern. Disini saya akan membahas tentang apa yang dimaksud dengan Parallel Computing.

Nah sebenarnya apa sih yang dimaksud dengan Parallel Computing atau yang bisa disebut Komputasi Paralel ? Komputasi paralel itu sendiri merupakan salah satu teknik melakukan komputasi secara bersamaan dengan memanfaatkan beberapa komputer independen secara bersamaan. Komputasi paralel ini bisanya digunakan saat kapasitas yang dibutuhkan sangat besar, baik saat mengolah data yang besar atau kerana tuntutan proses komputasi yang banyak. Sebenarnya tujuan dari komputasi paralel itu sendiri adalah untuk meningkatkan kinerja komputer dalam menyelesaikan berbagai masalah dengan cara membagi masalah besar ke dalam beberapa masalah kecil, dengan begitu membuat kinerjanya semakin cepat.

Berikut ini merupakan gambaran mengenai Komputasi Paralel :


Adapun salah satu jenis penggunaan komputasi paralel yaitu PVM (Parallel Virtual Machine). PVM sendiri merupakan parangkat lunak yang digunakan untuk mensimulasikan pemrosesan paralel pada jaringan. Ada juga beberapa model yang digunakan dalam komputasi paralel diataranya : SISD  (Single Instruction, Single Data), SIMD (Single Instruction, Multiple Data), MISD (Multiple Instruction, Single Data), dan MIMD ( Multiple Instruction, Multiple Data).


Sumber :

  • http://akhmadilman46.blogspot.co.id/2013/05/komputasi-paralel.html
  • https://id.wikipedia.org/wiki/Komputasi_paralel

0 comments:

Post a Comment